Friday, February 15, 2013

Pengertian Sistem, Politik, dan Sistem Politik Indonesia

Pengertian Sistem, Politik, dan Sistem Politik Indonesia

Pengertian Sistem,Politik, dan Sistem Politik Indonesia,
Reformasi membawa perubahan dalam sistem dan kehidupan politik di Indonesia.Penampilan dari sistem politik dipengaruhi oleh pluralitas,orientasi politik,kepemimpinan,demokrasi,dan pembangunan politik. Sehingga untuk mendapatkan sebuah sistem politik yang sesuai dengan tujuan bangsa Indonesia harus memperhatikan faktor-faktor tersebut.

1. Pengertian Sistem

  • Secara umum,sistem dapat diartikan sebagai suatu kesatuan yang didalamnya melibatkan elemen-elemen atau bagian-bagian yang saling berkaitan.Dengan demikian,dapat diketahui bahwa sistem ialah suatu yang berhubungan satu sama lain sehingga membentuk suatu kesatuan.
  • Sistem adalah suatu cara yang mekanismenya berpola dan konsisten,bahkan mekanismenya sering bersifat otomatis.

2. Pengertian Politik
        Pada umumnya,politik diartikan sebagai bermacam-macam kegiatan dalam suatu negara (sistem politik) yang menyangkut proses penentuan tujuan-tujua dari sistem itu dan melaksanakan tujuan-tujuan itu. Politik menyangkut tujuan-tujuan dari seluruh masyarakat,dan bukan tujuan pribadi seseorang.Lagi pula,politik menyangkut kegiatan berbagai kelompok termasuk partai politik dan orang-perseorangan.

3. Pengertian Sistem Politik
       Sistem politik adalah semua tindakan yang kurang lebih berkaitan dengan pembuatan keputusan-keputusan yang mengikan masyarakat.Pada hakikatnya,sistem politik melaksanakan fungsi-fungsi mempertahankan kesatuan masyarakat,menyesuaikan,dan merubah unsur pertautan hubungan antara agama dan sistem ekonomi,serta melindungi kesatuan sistem politik dari ancaman luar atau mengembangkan kemasyarakat lain.

No comments:

Post a Comment